Pengalaman Pertama dengan Blog Unnes

Pengalaman Pertama dengan Blog Unnes

Pengalaman pertama dengan Blog Unnes … Iyap.Pngalalman pertama dengan blog Unnes karena ini kali pertama saya merasakan dan menikmati memiliki blog dengan domain Unnes.

Barangkali ada yang lewat dan melihat, Unnes itu apa ? Sedikit dari saya Unnes merupakan kampus perguruan tinggi yang ada di Kota Semarang, sekarang letaknya pindah di Sekaran, Gunungpati, dan tetap masih di Semarang. Hanya saja, sekarang Unnes sekarang lebih tinggi dari sebelumnya, karena ada di Gunung Pati.

Pertama post bukannya kenalan diri malah cerita Unnes.. Ya gimana, namanya juga blog dengan sandaran Unnes, jadi tetep, Unnes yang didahulukan whehe. Sekilas tentang saya bisa dijelajai di  laman ini.

 

Lanjut..

Untuk kamu, mahasiswa Unnes. Rasanya kamu harus bersyukur dan terus bersyukur. Sebab, disini kamu mendapatkan banyak hal,sekalipun tidak seperti apa yang kamu inginkan. Dengan segala kelebihan dan keurangannya tentu.

Rasanya setiap mahasiswa ada baiknya punya blog disini, dengan domain Unnes. Buat apa coba ? Banyak dari kita mungkin berpikir ngapain punya blog, buat apa? nulis aja jarang, bahkan nulis materi kuliah juga belum tentu. Dengan punya blog, kamu bisa menyampaikan segala hal, berbagi serta berpartisipasi dalam penyampaian informasi serta mengasah daya kritis kita.

 

Untuk dapat memiliki blog dengan domain Unnes, kamu harus mendaftarkan surel kamu di sini . Oh iya, email yang digunakan tidak boleh sembarang email, karena yang dapat mendaftar hanyalah email resmi dari Unnes.

 

Pertama, kamu harus memasukkan username
username ini digunakaan sebagai identitas kita untuk dapat login dan mengakses blog Unnes

Kedua, masukkan email kamu. Email ini harus email resmi dari Unnes, dengan akhiran .unnes.ac.id

Seetelah itu, masukaan password, password ini harus kuat dengan berbagai kombinasi karakter, bisa huruf, angka, dan simbol.

Jangan lupa, masukkan Nama, nama ini untuk ditampilkan pada dashboard kita atau halaman member pada blog Unnes.

Lanjut, checklist pada Yes, I’d like to create a new site.

 

Kamu akan mendapatkan link konfirmasi di email kamu, jika tidak ada di Kotak Masuk email, bisa dicek di kategori spam. Tenang saja, itu tidak berbahaya.

 

Langkah selanjutnya adalah login ke laman blog Unnes, untuk mengkonfigurasi blog kamu, kamu bisa mengatur semaumu nama dan URL yang kamu inginkan.

 

Setelah semua selesai, kamu dapat memposting apapun disini, tapi ingat, ada aturan yang harus ditaati.

 

Peraturan umum dalam blog Unnes yang dikutip dari Blog Unnes yaitu :

  • Semua tulisan di  blog merupakan tanggung jawab dari pihak penulis, Administrator juga akan melakukan pemantuan, dan upaya untuk dapat meminimalisir penyalahgunaan.
  • Disini juga tidak boleh menyalahi hukum Indonesia yang sesuai Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku dan
  • Tidak boleh memberikan baklink, baik itu sengaja atau tidak dan yang mengacu pada konten negatif serta diluar Unnes.
  • Jika meleanggar, akan kena sanksi, dari penonaktifan hingga penghapusan.
  • Penghapusan bisa dilakukan dengan dan tanpa konfirmasi

 

Untuk peraturan khusus yaitu :

  • Hanya digunakan oleh Mahasiswa, Dosen, dan Staff Univeristas Negeri Semarang
  • Menggunakan media yang tidak melanggar hak cipta

 

Menyenangkan memang memiliki website sendiri, apalagi ini free dan mudah untuk dikelola tanpa harus bingung memikirkan biaya domain serta hosting, jadi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik akademik maupun non-akademik.

Untuk kamu yang tidak suka ribet dan suka yang instan, pilihan tema yang ada di blog Unnes memang cukup lengkap dari default dari WordPress hingga tema untuk Fakultas atau Jurusan.

Ahaha, kapan lagi bisa punya web sama dengan seperti milik Fakultas, Jurusan, bahkan Universitas.

 

Namun, untuk kamu yang suka mengutak atik, setting sana-setting sini, itu saja tidak cukup dengan tema dari pilihan yang ada dalam bawaan blog serta plugin yang sudah disediakan oleh kampus.

Untuk berapa limit storage (penyimpanan) yang diberikan terbatas pada 250 MB, untuk wordpres yang free saja disediakan ruang penyimpanan sebesar 3 GB dengan limit file setiap pengunggahan adalah 10 MB.

Cukuplah untuk sekedar berbagi tulisan dan sedikit media sebagai pemanis dari laman kamu.

 

Sekian dari saya, dan selamat mencoba.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *